Elektrik
starter bermasalah disebabkan beberapa faktor. Kerusakannya bisa
dideteksi dari ciri-cirinya. Sehingga komponen yang rusak bisa dilacak
dari suara atau dari fisiknya. Seperti timbul suara kasar saat tombol
elektrik starter dipencet.
“Ada tiga komponen yang perlu diwaspadai. Aki, switch starter atau bendik dan dinamo starter. Ketiga komponen ini jadi panduan kita ketika ingin mendeteksi masalah elektrik starter.
Pamahi >>
Jika
elektrik starter tidak berfungsi akibat aki soak, bisa dideteksi dari
fungsi komponen lain, caranya dengan menekan tombol klakson. Jika
suaranya tidak nyaring, artinya setrum aki tidak kuat. Bahkan aki lemah
juga bisa bikin bendik bersuara tek… tek… tek….
Lanjut
ke switch starter atau bendik yang tugasnya menyambung arus listrik
dari aki ke dinamo starter. Bentuknya ada kabel dari aki dan satunya
lagi ke dinamo starter di dekat mesin.
"Kalau
bendik rusak, saat tombol starter ditekan biasanya cuma terdengar bunyi
cetak-cetak. Kalau pun ada arus dari bendik, dipastikan sudah tidak
kuat memutar dinamo starter.
Untuk
memastikannya, bisa kok dijumper langsung dengan cara menghubungkan
tangkai obeng di kedua terminal kabel di bendik. Bila mesin mau hidup,
jelas bendik rusak.
Yang
ketiga dinamo. Tapi, sebenarnya jarang rusak total lantaran kumparannya
cukup awet. Justru yang sering rusak brush atau arang kumparan. Kalau
abis tergerus, akibatnya arus listrik dari bendik tidak nyambung.
"Makanya
kumparan tidak bisa memutar as yang menggerakkan gir yang menyambung ke
kruk-as. Solusinya ganti arang. Begitu juga kalau timbul suara mengiuk.
Biasanya mangkuk as rotor di bodi dinamo kurang pelumas dan segera
diservis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar